PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN FURNITURE BERBASIS ANDROID
Abstract
Banyak perusahaan telah menerapkan teknologi sebagai media promosi, terutama perusahaan yang bergerak dibidang penjualan, akan tetapi masih ada perusahaan dibidang penjualan yang masih kurang memanfaatkan teknologi sebagai media promosi mereka untuk mempromosikan produk yang akan mereka jual, terutama penjualan furniture. Seperti toko Mahkota Jati Furniture ini melakukan pemasaran melalui media komunikasi baik cetak ataupun elektronik. Melalui media promosi tersebut tidak jarang calon pembeli masih merasa bingung untuk membayangkan gambaran atau bentuk furniture yang akan mereka beli, karena promosi seperti itu masih menampilkan gambaran dalam bentuk objek dua dimensi (2D), sehingga calon pembeli harus mendatangi outlet furniture tersebut. Maka, penulis disini memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi yang merupakan kombinasi antara dunia maya (virtual) dan dunia nyata (Real) yang dibuat oleh komputer.. Dalam proses pembangunan aplikasi ini menggunakan aplikasi Unity3d, blender sebagai media pembuatan objek 3d, voforia sebagai membuat database dan bahasa pemrograman Java. Dimana ketika calon pembeli menggunakan aplikasi ini calon pembeli tersebut bisa mengarahkan kamera pada brosur untuk menampilkan objek 3d, sehingga calon pembeli tidak lagi harus mendatangi toko untuk melihat langsung bentuk furniture tersebut.