RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI PADA TOKO DELTAFLASH KOMPUTER PANGKALPINANG DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK
Abstract
Toko Deltaflash Komputer adalah sebuah badan usaha yang bergerak di
bidang penjualan tunai laptop dan peralatan komputer. Kegiatan penjualan
dilakukan dengan pelanggan datang ke toko melakukan pesanan barang secara
lisan, kemudian bagian penjualan menerima pesanan dan memeriksa barang yang
dipesan pelanggan, jika barang yang dipesan tidak ada, maka bagian penjualan
akan melakukan konfirmasi kepelanggan. Pelanggan melakukan pembatalan
pesanan apabila tidak sesuai dengan pesanan atau barang tidak ada, dan jika
barang yang dipesan ada, maka bagian penjualan memeriksa jumlah barang yang
dipesan, jika jumlah barang yang dipesan tidak cukup, bagian penjualan
melakukan konfirmasi barang tidak cukup, dan pelanggan menerima konfirmasi
barang tidak cukup, dan jika barang yang dipesan cukup, maka bagian penjualan
membuat nota untuk pelanggan, dan pelanggan membayar nota, kemudian bagian
penjualan menerima pembayaran dan menyiapkan barang untuk pelanggan. Dan
setiap akhir bulannya bagian penjualan membuatkan laporan penjualan barang
yang dilakukan setiap terjadi transaksi untuk kemudian diserahkan kepada
pimpinan.
Proses pencatatan dan perhitungan yang dilakukan pada toko komputer
tersebut masih menggunakan sistem manual, mulai dari proses pendataan data
pelanggan, data barang, pemesanan barang, pembuatan nota sampai pembuatan
laporan kepada pimpinan. Hal ini menjadi salah satu penyebab terlambatnya
proses penjualan dan pembuatan laporan yang cepat dan akurat untuk diberikan
kepada pimpinan. Maka diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi dan akurat
untuk mendukung perkembangan usaha dan peningkatan proses penjualan di Toko
Deltaflash Komputer. Sistem tersebut diusulkan agar dapat mengatasi
permasalahan atau kendala yang sering ditemui pada sistem manual yang sedang
berjalan. Dengan memanfaatkan sistem yang diusulkan ini secara benar,
kemungkinan pengawasan atau kontrol terhadap proses penjualan menjadi lebih
efektif dan efisien.
Collections
- Programming [410]