OPTIMASI E-COMMERCE MENGGUNAKAN MODEL FAST PADA RM. PUNDOK CABIK PANGKALPINANG
Abstract
RM. Pundok Cabik merupakan sebuah usaha pribadi yang bergerak dibidang kuliner sejak tahun 2016 hingga sekarang. Proses transaksi yang dilakukan masih menggunakan transaksi manual, dimana proses pemesanan hanya dapat dilakukan dengan pelanggan mendatangi rumah makan secara langsung dan melalui telepon. Oleh karena itu, sering terjadi kesalahan baik secara proses maupun dari faktor manusia dalam pengolahan data transaksi penjualan. Diantaranya terjadi kesalahan dalam pencatatan data produk, data pelanggan, atau transaksi yang dirasakan terlalu lama, dan belum adanya sistem pengembangan bisnis secara luas seperti melakukan transaksi melalui media website untuk mempertahankan kesinambungan bisnis serta memperluas pangsa pasar. Selain mempermudah proses pemesanan dan penyebaran informasi, web e-commerce yang dikembangkan dapat memperluas jangkauan pasar dan dapat meningkatkan nilai dari RM. Pundok Cabik terhadap para pelanggan. Dalam menganalisis dan merancang website e-commerce ini penulis menggunakan model penelitian FAST yang memiliki 6 tahapan, tahap pertama Scope definition, tahap kedua Problem analysis, tahap ketiga Requirements alanysis, tahap keempat Local design, tahap kelima Decision analysis, tahap keenam Physical design dan integration. Metode penelitian yang digunakan metode OO (Object Oriented) dan metode struktur data serta tools menggunakan UML (Unifed Modelling Language). Hasil penelitian ini adalah terbentuknya suatu sistem aplikasi berdasarkan metode FAST (Framework for the Application of System Thinking) yang diharapkan dapat membantu proses dan transaksi serta mempermudah berjalannya RM. Pundok Cabik.
Collections
- E-Commerce [238]