ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA JASA PERCETAKAN PIXMEDIA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK
Abstract
Pixmedia merupakan usaha yang bergerak di bidang percetakan visual desain grafis. Pixmedia belum mempunyai website pemesanan barang, desain grafis masih dilakukan secara manual sehingga mempersulit konsumen dalam pemesanan desain grafis. Hal tersebut menyebabkan ketidak puasan konsumen terhadap layanan dan perkembangan perusahaan untuk mengembangkan sistem dari segi informasi perusahaan terasa dinilai agak lambat. Oleh karena itu perlu adanya kajian terhadap kondisi perusahaan untuk mengembangkan sistem dari segi informasi dan penjualan terhadap konsumen. Dengan E-Commerce ini setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dan tahap negosiasi. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi E-Commerce adalah untuk meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan meningkatkan pelayanan bagi konsumen, memudahkan dalam konsumen desian grafis dan meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat. Tahapan metode penelitian adalah tahap pengumpulan data, analisis sistem, dan perancangan sistem. Model yang digunakan adalah SLDC waterfall karena model ini cocok digunakan dalam memecahkan masalah. Sedangkan metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan dengan OOAD. Dengan alat bantu pemodelan sistem yaitu UML. Untuk mengatasi sistem manual tersebut, maka diperlukan suatu website berbasis E-Commerce yang sangat sesuai untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Dengan memanfaatkan E- Commerce dapat mengatasi kendala sistem manual saat ini. Hasil penelitian ini berupa sistem informai rancangan E-Commerce berbasis website.