ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SURAT MENYURAT UNTUK PENDUDUK PADA KANTOR KEPALA DESA TANAH BAWAH DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK
Abstract
Kantor Desa Tanah Bawah adalah sebuah instansi pemerintah yang
beralamat Jalan Raya Kotawaringin Desa Tanah Bawah yang sekarang dipimpin
oleh Bapak Julidi. Dalam memusatkan masalah yang ada dan agar tidak
menyimpang dari pokok pembahasan, maka pada skripsi ini batasan masalah yang
akan di bahas yaitu proses administrasi surat menyurat.
Masalah yang dihadapi adalah kegiatan pengolahan data masih dilakukan
secara manual, sehingga menimbulkan berbagai masalah, seperti keterlambatan
dalam menyajikan laporan kepada pimpinan, penyimpanan data yang kurang baik
sehingga terjadi pemborosan waktu dalam pengelompokkan data, kurang
terjaminnya keakuratan data dan kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan
dalam pelayanan terhadap warga. Penulis dalam menganalisa sistem berorientasi
obyek menggunakan metode UML seperti use case diagram, activity diagram,
class diagram dan sequence diagram. Dalam merancang sistem penulis
menggunakan ERD dan LRS. Untuk tampilan rancangan layar penulis
menggunakan Microsoft Office Visio 2007. Dan untuk database penulis
menggunakan Microsoft Office Access 2007.
Tujuan penulisan dalam skripsi ini diharapkan dapat membantu Kantor
Kepala Desa Tanah Bawah dalam memperbaiki sistem yang ada dengan harapan
pengolahan dan penyajian informasi admnistrasi surat menyurat yang selama ini
dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan dibuatnya rancangan sistem
informasi yang terkomputerisasi. Dengan adanya sistem komputerisasi ini, maka
diharapkan dapat mendukung tercapainya tujuan seperti kemudahan pengguna
sistem dalam menyediakan laporan – laporan yang bermutu serta memenuhi
kebutuhan manajemen, efisiensi waktu dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan
surat menyurat kepada warga, dokumen-dokumen keluaran yang dihasilkan lebih
berkualitas dan informatif, meningkatkan efektifitas dalam pengolahan data agar
dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan dengan lengkap serta dapat
dihasilkan setiap saat jika diperlukan dan meningkatkan kualitas pelayanan
kepada warga yang membutuhkan.
Collections
- Pengembangan Sistem [1465]