dc.description.abstract | CV. MUTIARA DWI PERKASA merupakan badan usaha yang bergerak
dalam bidang penjualan buku, aksesoris, dan alat tulis kantor. Untuk memenuhi
semua kebutuahan konsumennya CV. MUTIARA DWI PERKASA dituntut untuk
selalu menjaga kualitas dan kuantitas barang yang dijual. Untuk itu
kegiatan pembelian tunai merupakan proses bisnis yang penting pada
CV. MUTIARA DWI PERKASA. Supaya kegiatan pembelian tunai dapat
berjalan dengan lancar dibutuhkan suatu sistem pembelian tunai yang baik
sehingga lebih efektif dan efesien.
Dalam pemecahan masalah yang dihadapai penulis dalam menganalisa
sistem yang berjalan, penulis menggunakan diagram UML (Unified Modeling
Language ). Diagram UML yang digunakan diantaranya activity diagram, Analisa
Dokumen Keluaran, Analisa Dokumen Masukan, Use Case Diagram, dan Use
Case Description. Sedangkan dalam perancangan sistemnya penulis
menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD), Transformasi Diagram ER ke
Logical Record Structure, Logical Record Structure(LRS), Tabel (Relasi) dan
Spesifikasi Basis Data, Rancangan Dokumen Keluaran, Rancangan Dokumen
Masukan, Rancangan Layar Program, Sequence Diagram, Class Diagram ( Entity
Class)
Dalam proses transaksi pembelian tunai pada CV. MUTIARA DWI
PERKASA masih terdapat berbagai permasalahan yang menyebabkan ada
beberapa kesalahan dalam proses transaksi dan pembuatan laporan yang masih
menggunakan sistem manual sehingga sering terdapat kesalahan data. Oleh karena
itu diharapkan dengan menerapkan sistem yang telah terkomputeriasi yang
ditawarkan oleh penulis dapat memperbaiki sistem pembelian tunai yang masih
manual pada CV. MUTIRA DWI PERKASA. Sehingga proses pembelian tunai
lebih efektif dan efesien. | en_US |