dc.description.abstract | Kegiatan penjualan ini di mulai dengan pelanggan melakukan pesanan
melalui telepon atau datang langsung ke toko, kemudian bagian penjualan
akan membuat nota berdasarkan pesanan dan menyerahkan setelah
pelanggan membayar langsung atau setelah barang diantar ketujuan. Bila
diperlukan copy nota yang difungsikan sebagai surat jalan akan diserahkan
ke bagian pengiriman. Proses pengembalian barang juga menggunakan copy
nota sebagai returnya. Pada akhir bulan bagian penjualan akan membuat
laporan penjualan untuk di serahkan pada pemilik usaha.
CV.USAHA JAYA ABADI sampai saat ini masih menggunakan sistem
manual dalam proses pencatatan dan penghitungannya, mulai dari proses
pemesanan oleh pelanggan, proses pembuatan nota, belum adanya surat
jalan, belum adanya bukti retur, serta pembuatan laporan tiap akhir bulan
yang masih manual. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan proses
penjualan dan pembuatan laporan yang tepat dan akurat.
Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukanlah suatu sistem yang
terkomputerisasi dan akurat, guna mendukung pengembangan usaha dan
peningkatan pelayanan pelanggan. Sistem tersebut di usulkan guna
mengatasi masalah dan kendala yang sering ditemui pada sistem manual.
Dengan memanfaatkan sistem usulan ini secara baik dan benar,
memungkinkan pengawasan dan kontrol terhadap proses penjualan dapat
menjadi lebih baik. | en_US |