PENGEMBANGAN E-COMMERCE DENGAN MODEL FAST (FRAMEWORK THE APPLICATION OF SYSTEM THINKING) PADA TAJAK BUTIK PANGKALPINANG
Abstract
Tajak Butik merupakan usaha yang bergerak di bidang Fashion. Tajak Butik belum mempunyai website untuk pembelian atau pemesanan produk, proses pembelian produk masih dilakukan secara manual yaitu konsumen harus datang langsung ke Butik-butik Tajak yang ada di seputaran Pangkalpinang saja, sehingga sulit memperoleh konsumen yang lebih banyak. Karena hal tersebut penulis berniat untuk mengembangkan proses jual/beli dari yang masih manual menjadi terkomputerisasi dengan memanfaatkan perkembangan sistem internet. Dengan diterapkannya E-Commerce ini setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dan tahap negosiasi, dalam menganalisis dan melakukan pengembangan sistem e-commerce ini penulis menggunakan model penelitian FAST yang terdiri dari enam fase yaitu investigasi awal, analisis masalah, analisis kebutuhan, analisis keputusan, perancangan sistem, dan konstruksi sistem. Metode penelitian menggunakan metode berorientasi objek, dan tools menggunakan UML (Unified Modelling Language). Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi E-Commerce adalah untuk meminimalkan waktu proses penjualan/pembelian produk dengan tujuan meningkatkan pelayanan bagi konsumen, memudahkan konsumen dalam bernegoisasi sendiri dan meningkatkan volume penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat. Untuk mengatasi sistem manual tersebut, maka diperlukan suatu website berbasis E-Commerce yang sangat sesuai untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Dengan memanfaatkan E-Commerce dapat mengatasi kendala sistem manual saat ini. Hasil penelitian ini berupa sistem informai rancangan E-Commerce berbasis website.
Collections
- E-Commerce [246]