RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU PADA SMP NEGERI 1 SUNGAILIAT BERBASIS WEB
Abstract
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI
PENDAFTARAN SISWA BARU PADA SMP NEGERI 1 SUNGAILIAT
BERBASIS WEBSaat ini belum banyak sekolah di Indonesia menyelenggarakan Penerimaan Siswa Baru (PSB) secara online. Hal ini sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti teknologi internet dan web yang mampu mendukung proses input dan output data secara cepat dan akurat, khususnya dalam pelaksanaan PSB. Bagaimana rekayasa perangkat lunak Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web dengan PHP dan SQL yang mampu mengelola pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru yaitu pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan pendaftaran ulang di sekolah SMP Negeri 1 Sungailiat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak Sistem Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web dengan PHP dan SQL yang mampu mengelola pelaksanaan Pendaftaran Siswa Baru yaitu pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Pada penelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web dengan PHP dan SQL ini mampu mengelola pelaksanaan Pendaftaran Siswa Baru yaitu pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Perancangan aplikasi ini menggunakan cara pengumpulan data dengan mengambil data dokumen pada sekolah SMP Negeri 1 Sungailiat, dan mewawancarai bendahara tata usaha serta mengobservasi proses Pendaftaran Siswa Baru yang terjadi dan Unified Modelling Languange (UML) dipilih penulis untuk membantu membuat perancangan perangkat lunak dan mengimplementasikan perangkat lunak yang akan dibuat. Tujuan penulis untuk penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi Pendaftaran Siswa Baru berbasis web. Dengan adanya penerapan system ini penulis berharap mempermudah pihak sekolah dan pihak masyarakat dalam melakukan Pendaftaran Siswa Baru.
Collections
- Programming [410]