dc.description.abstract | Dalam
implementasinya pemilihan ini dilakukan dengan cara voting, dimana setiap ketua
cabang olahraga akan menuliskan sebuah nama dari kandidat-kandidat yang ada,
kemudian memasukan kertas tersebut kedalam kotak. Nantinya setiap kertas
tersebut akan dicek dan dihitung secara manual. Tentunya terdapat banyak
kendala, seperti lamanya waktu yang diperlukan karena masih harus meminta
setiap ketua cabang olahraga menulis nama di kertas dan kemudian juga harus
menunggu perhitungan hasil secara manual. Agar proses voting dapat lebih efektif
dan efisien maka penulis akan merancang sebuah sistem berupa server yang
menggunakan platform website dan client yang menggunakan platform Android.
Web server nantinya akan dimanajemen oleh seorang admin, kemudian Android
client dapat digunakan oleh para pemilih untuk melakukan voting. Dalam
penelitian ini, penulis menggunakan model prototype sebagai model
pengembangan perangkat lunak, penulis juga menggunakan object oriented
programming (OOP) sebagai metode pengembangan perangkat lunak, dan unified
modelling language (UML) sebagai alat bantu pengembangan sistem. Diharapkan
sistem yang dirancang ini dapat memberikan kemudahan di dalam proses voting
pemilihan ketua KONI Pangkalpinang | en_US |