dc.description.abstract | Hal utama yang dapat menunjang kualitas pelayanan dalam suatu restoran dan kafe
adalah bagian proses pemesanan. Banyak proses pemesanan yang masih
menggunakan cara yang manual. Kedai Makan Ayam Jimbronk merupakan salah
satu kedai makan di kota Pangkalpinang yang proses pemesanannya masih dengan
cara yang manual untuk memesan minuman dan menu masakannya. Proses
pemesanan yang masih manual ini menimbulkan beberapa permasalahan
diantaranya, penumpukan pesanan, dan keterlambatan pesanan, pendataan pesanan
yang berantakan dan kesalahan-kesalahan dalam menerima pesanan dari waiters,
hal-hal tersebut terjadi dikalah kondisi kedai yang ramai pelanggan. Oleh sebab itu
penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi dari permasalahan didalam proses
pemesanan yaitu berupa aplikasi Aplikasi E-Menu Di Restoran Berbasis Android
yang berjalan di perangkat smartphone. Tujuannya adalah agar proses pemesanan
menjadi lebih cepat dan praktis karena berjalan di perangkat mobile, dan pendataan
transaksi yang tidak perlu manual lagi karena tersimpan langsung ke database.
Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan model pengembangan prototype dan
pemodelan UML, dengan bahasa pemrograman HTML, PHP, JAVA dan software
Android Studio. Pembuatan database menggunakan Apache dan MySQL dari
Software Xampp. Metode pengujian aplikasi mengunakan blackbox. Hasil yang
diharapkan dari penerapan aplikasi ini adalah dapat mempermudah tata kelola
Kedai Makan Ayam Jimbronk serta memberikan kepuasan pelayanan pemesanan
lebih kepada para pelanggan. | en_US |