dc.description.abstract | Perpustakaan merupakan sebuah isntitusi yang menyimpan dan mengolah karya
ilmiah untuk memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya yaitu untuk
keperluan pendidikan, penelitian dan kebutuhan lainnya. Selain kegunaannya
dalam dunia ilmu pengetahuan akan lebih baik jika perpustakaan mememiliki
fasilitas yang dapat memudahkan petugas dan anggota dalam proses peminjaman,
pencarian, serta pengembalian buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang
aplikasi peminjaman dan pengembalian buku pada perpustakaan ISB Atma Luhur
agar proses peminjaman dapat dilakukan lebih cepat. Metode yang dipakai dalam
merancang sistem ini adalah UML (Unified Modeling Language). Sedangkan untuk
metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil yang
diharapkan, sistem dapat memberikan kemudahan bagi petugas dalam mengelola
setiap aktivitas perpustakaan serta anggota dapat dengan mudah dalam mencari
buku yang ingin dipinjam. | en_US |