dc.description.abstract | Penyimpanan arsip secara fisik menimbulkan
kendala dalam proses pencarian dan memerlukan ruangan pengolah dan penyimpan
yang sangat besar. Penelitian ini akan membuat sistem pengelolaan arsip surat
masuk surat keluar yang dapat menyimpan surat secara digital dan memudahkan
setiap divisi untuk mencari surat serta membantu staff dalam mengelola surat.
Petugas administrasi dapat mengakses aplikasi kearsipan ini dengan memasukkan
login user yang benar, dapat melakukan menambah, mengedit, menghapus dan
menyimpan surat masuk dan keluar, dapat melakukan pencarian berdasarkan no
surat, perihal, pengirim, tujuan dan tanggal, serta mengunduh surat digital
berdasarkan hasil pencarian. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk
menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi adalah pustaka, observasi,
wawancara, analisis data dan sistem, perancangan sistem, pembuatan program,
pengujian program, dan implementsi program. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa sistem pengarsipan surat masuk surat keluar dapat membantu
staff dalam mengelola arsip surat sehingga kendala mencari surat dan kendala
penyimpanan dapat diatasi. | en_US |