SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS DESKTOP PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAIBARU KABUPATEN BANGKA BARAT
Abstract
Kependudukan merupakan salah satu tugas yang harus dilaksanakan di Kantor
Kelurahan Sungaibaru, Kecamatan Muntok, kependudukan bertujaan untuk melakukan
pencatatan segala kejadian yang menyangkut mortalitas, portalitas dan sumberdaya manusia,
pontesi sosial ekonomi penduduk dalam suatu wilayah tertentu sebagai salah satu aspek
penting dalam pembangunan nasional jangka panjang. Kependudukan harus dilakukan secara
terus menerus, berkesinambungan, tepat waktu, dan akurat. Perkerjaan manusia tanpa
bantuan perlatan yang modern akan sangat sulit untuk mewujudkan suatu hal yang sangat
berguna bagi orang banyak, oleh karna-nya diperlukan dukungan perangkat komputer untuk
dapat membantu manusia dalam melakukan perkerjaan. Komputer akan di intergrasikan
dengan sumberdaya manusia, basis data, dan prosedur-prosedur yang akan di butuhkan, salah
satu-nya masalah di kependudukan yang harus di hadapi oleh berbagai negara termasuk
indonesia. Sistem informasi kependudukan saat ini sangat harus di terapkan di kantor
kelurahan guna mengatasi berbagai persoalan dan permasalahan yang terkait dengan
pengelolahan data penduduk di wilayah tersebut. Mengingat tingkat efesiensi dan efektivitas
pekerjaan sangat di butuhkan untuk meningkatkan produktivitas. Tujuan penelitiian ini untuk
mengembangkan sistem informasi kependudukan pada bagian permasalahan. Misalnya
Permohonan pembuatanKTP, Surat Keterangan Usaha, Surat Keterangan Kelahiran, Surat
Keterangan Penghasilan, Surat Keterangan Tidak mampu, Surat Keterangan Kematian,
Pendataan Laporan Data Penduduk. Metodologi yang digunkan dalam pengembangan Sistem
Informasi ini Mengunakan sikluk hidup pengembangan sistem(SDCL).
Collections
- Pengembangan Sistem [1425]