ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE DAN PENJUALAN SECARA LANGSUNG SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BERDASARKAN KONSEP CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA RAINBOWTIK PANGKALPINANG
Abstract
Rainbowtik adalah suatu bidang usaha yang bergerak berupa penjualan fashion busana. Perusahaan Ini melakukan penjualan secara langsung dan online namun, tidak mempunyai website dan metode pembayaran yang sistematis kepada pelanggan. Dengan E-Commerce ini setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dan tahap negosiasi. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce adalah untuk meningkatkan pendapatan dengan menggunakan penjualan online yang lebih besar pasarnya sebagai media informasi yang mempermudah adanya interaksi jual beli tanpa ada batas ruang dan waktu. Proses Pencatatan dan perhitungan yang dilakukan pada Rainbowtik sampai saat ini masih bersifat manual. Oleh karena itu, sering terjadi kesalahan baik secara proses maupun dari faktor manusia dalam pengolahan data transaksi penjualan. Tahapan metode penelitian adalah tahap pengumpulan data, analisis sistem, dan perancangan sistem. Model yang digunakan adalah waterfall karena model ini cocok digunakan dalam memecahkan masalah. sedangkan Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan dengan OOAD. Dengan alat bantu pemodelan sistem yaitu UML. Untuk mengatasi sistem manual tersebut, maka diperlukan suatu website berbasis E-commerce yang sangat sesuai untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Sehingga dapat mengatasi kendala pada sistem manual saat ini. Dengan memanfaatkan E-commerce bedasarkan konsep customer relationship management dan real time. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi rancangan E-commerce berbasis website.
Collections
- E-Commerce [238]