ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERDASARKAN KONSEP CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA ONE SPORT PANGKALPINANG
Abstract
One Sport Pangkalpinang adalah toko yang bergerak dibidang penjualan perlengkapan, peralatan, dan aksesoris olahraga. Dalam menjalankan usahanya, One Sport mengalami beberapa kendala diantaranya, cakupan pemasaran yang terbatas, permasalahan dalam penjualan dan pembukuannya, karena proses penyimpanan data tidak disimpan dalam basis data yang benar (manual) sehingga menyulitkan dalam penyesuaian data barang, transaksi pemesanan kurang efektif karena masih bersifat konvensional sehingga masih dirasakan terlalu lama. Tingginya persaingan bisnis yang mengharuskan One Sport untuk melakukan pembaruan sistem agar tidak tertinggal dengan toko yang lainnya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan teknologi dalam strategi pemasaran dan penjualan dengan merancang suatu website E-commerce. E- commerce dapat memudahkan pelanggan dalam mengakses transaksi dimana saja dan kapan saja selama terhubung ke dalam jaringan internet. Penentuan kebutuhan sistem ini berdasarkan konsep Customer Relationship Management dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, dilakukan melalui model pengembangan perangkat lunak waterfall diantaranya perencanaan sistem, analisis sitem, desain sistem dan penerapan sistem. Serta metode pengembangannya yang digunakan dalam merancang website dengan pendekatan berorientasi objek ini berdasarkan Unified Modelling Languange. Hasil dari website E-commerce yang diperoleh pada One Sport Pangkalpinang mengalami peningkatan jumlah pembeli dari sebelumnya, pangsa pasar yang lebih luas, segala transaksi terhadap proses bisnis dapat dilakukan tanpa batas waktu, serta dalam pelayanan harus tetap dijaga agar pelanggan merasa nyaman berbelanja di One Sport Pangkalpinang.
Collections
- E-Commerce [238]