dc.description.abstract | Karena sering terjadi nya Masalah
Seperti duplikasi data medis, pencatatan ulang dengan pasien yang sama sehingga
riwayat medis tidak bisa berkesinambungan, kesalahan dalam pencatatan, pada proses
pencarian dan pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama, Serta Sering
Terjadinya Peserta yang Lupa Membawa Kartu Ibu dan Anak. Untuk memecahkan
permasalahan yang terjadi sampai saat ini dibutuhkan teknologi aplikasi KIA berbasis
Mobile yang dilengkapi dengan sistem yang mencatat data pasien, rekam medis pasien,
dan laporan pelayanan KIA yang dilengkapi dengan fitur SMS, Whatsapp dan atau
email broadcast untuk mengingatkan pasien KIA tentang jadwal kunjungan ulang
peserta, serta jadwal imunisasi dan pemberian vitamin untuk bayi dan balita dengan
mengirimkan pesan. Dengan dibangunnya aplikasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
Berbasis Mobile, maka data KIA pada Posyandu menjadi lebih berkualitas, terintegrasi,
dan lebih mudah dalam pembuatan laporan. Pemberian imunisasi dan vitamin kepada
anak dan balita lebih terkendali. Serta tercipta keseragaman dalam pengolahan
informasi dan data puskemas secara online, sehingga terintegrasi dengan unit-unit
pelayanan kesehatan dan UPTD berbasis cloud computing dan Mobile. | en_US |