dc.description.abstract | PDAM Tirta Pinang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi
Bangka Belitung yang bergerak di bidang pendistribusian air bersih untuk
masyarakat umum. pengembangan sistem yang sangat cepat dan dapat
menghemat waktu. PDAM merupakan badan usaha yang memiliki 2 fungsi,
fungsi yang pertama berorientasi sosial yaitu pelayanan dalam bidang pelayanan
kepada masyarakat secara maksimal dalam penyediaan air bersih untuk keperluan
sehari-hari, dan profit oriented yaitu perusahaan yang beroperasi untuk
menyediakan keuntungan yang maksimal sebagai sumber pendapatan daerah.
PDAM ini sudah dituntut untuk menjalankan kedua fungsi tersebut. Bagian yang
berperan dalam pencatatan calon pelanggan yang ingin berlangganan adalah
bagian hubungan langganan yang diproses oleh petugas customer service, calon
pelanggan yang ingin berlangganan akan mengisi formulir pendaftaran yang
disediakan oleh petugas customer service. Permasalahan atau kendala yang ada
saat ini adalah pada proses pendaftaran calon nasabah yang masih dilakukan
secara manual yang rawan terjadi kesalahan dalam pendataan, serta lamanya
proses pendataan yang harus ditindaklanjuti. Dengan hal tersebut maka
dibangunlah suatu rancangan sistem berbasis web | en_US |