PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LETAK LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DI KOTA PANGKALPINANG
Abstract
Kota Pangkalpinang merupakan kota dimana tempat penyewaan lapangan futsal sedang mengalami perkembangan dan peningkatan. Banyaknya para pecinta olahraga futsal dari luar kota Pangkalpinang, khususnya yang kurang mengetahui jalanan di kota Pangkalpinang akan sedikit kesulitan dalam mengakses tempat- tempat lapangan futsal di kota ini karena tidak mengetahui secara detail informasi mengenai rute menuju lapangan futsal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem Informasi Geografis letak lapangan futsal dengan algoritma dijkstra, yang diharapkan dapat membantu pemain futsal yang ada di Pangkalpinang dan dari luar Pangkalpinang dalam menampilkan rute tecepat menuju lokasi lapangan futsal. Metode yang menjadi dasar dalam perancangan SIG ini adalah dengan Metode OOP, dengan menerapkan algoritma dijkstra. Algoritma Dijkstra dipilih karena algoritma ini hanya mengeluarkan satu nilai output yang merupakan lintasan terpendek. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis android yang dapat menampilkan rute tercepat dari posisi user berada menuju ke lapangan futsal yang menjadi tujuan yang ada di kota Pangkalpinang dan sekitarnya.