dc.description.abstract | Maskapai penerbangan merupakan salah satu fasilitas publik yang
diharapkan memberikan layanan secara optimal kepada masyarakat. Dengan
teknologi informasi, maka proses bisnis pada suatu perusahaan dapat dilakukan
dengan cepat dan efisien. Selama ini PT Garuda Indonesia Branch Office
Pangkalpinang sudah melakukan penerapan terhadap pengelolaan sistem
informasi.
Penulisan ini bertujuan untuk menilai tata kelola teknologi informasi yang
telah berjalan pada perusahaan dengan menggunakan COBIT 4.0 framework
dengan fokus domain pada PO (Plan and Organise), AI (Acquire and Implement),
DS (Delivery and Support), dan ME (Monitor and Evaluate). COBIT berupa
kerangka kerja yang harus digunakan oleh suatu perusahaan bersamaan dengan
sumber daya lainnya untuk membentuk suatu standar yang umum berupa panduan
pada lingkungan yang lebih spesifik.
Penelitian ini memerlukan data-data yang diperoleh dengan observasi,
wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Data kuisioner diolah serta dilakukan
perhitungan sehingga diperoleh tingkat kematangan teknologi informasi
perusahaan. Hasil analisa data yang sudah dilakukan penulis menunjukan bahwa
tingkat kematangan (maturity level) pada sistem informasi penjualan tiket
(ticketing) PT Garuda Indonesia Branch Office Pangkalpinang adalah pada ratarata level 2.9802. Pada level ini perusahaan telah memiliki mekanisme dan
prosedur yang jelas mengenai manajemen proses investasi teknologi informasi
dan telah terkomunikasikan serta tersosialisasikan dengan baik di seluruh jajaran
manajemen organisasi. | en_US |