dc.description.abstract | Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari tentunya sangat berpengaruh bagi masyarakat. Berbagai layanan
komunikasi, seperti SMS (Sort Message Service) yang memungkinkan
masyarakat untuk mendapatkan atau mengirimkan informasi kapan saja dan
dimana saja saat dibutuhkan. Penggunaan fasilitas SMS pada setiap handphone
juga relatif mudah dan bisa dioperasikan oleh banyak orang. Berawal dari
teknologi komunikasi tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi layanan pelanggan
berbasis SMS Gateway pada PT. PLN (Persero) Pangkalpinang yang bertujuan
untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi secara mudah, cepat,
dan murah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data yang terdiri
dari observasi, wawancara, studi kepustakaan, analisa sistem dimana pada analisa
sistem penulis menganalisa sistem yang ada, perancangan sistem, coding,
compiler, testing dan implementasi program.
Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan yang
menggunakan jasa kelistrikan untuk me-request dan mengetahui informasi
mengenai tagihan listrik, informasi no telphone per area sehingga menjadi lebih
mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi kapan
pun dan dimana pun selagi masih terhubung ke jaringan seluler sehingga
pelanggan tidak perlu datang ke PT. PLN (Persero). Aplikasi ini juga sangat
membantu pihak instansi dalam memberikan informasi secara otomatis kepada
semua pelanggannya tanpa pemberitahuan informasi melalui lisan maupun brosur
edaran sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. | en_US |