APLIKASI LAYANAN PELANGGAN JASA TELEKOMUNIKASI BERBASIS SMS GATEWAY PADA PLASA TELKOM KOBA
Abstract
Pesatnya kebutuhan dalam perkembangan pembangunan bisnis serta penunjang teknologi
bagi masyarakat. Berbagai layanan komunikasi, seperti SMS (Sort Message Service) yang
memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan atau mengirimkan informasi kapan saja dan
dimana saja saat dibutuhkan. Penggunaan fasilitas SMS pada setiap handphone juga relatif mudah
dan bisa dioperasikan oleh banyak orang. Berawal dari teknologi komunikasi tersebut maka
dibuatlah suatu aplikasi layanan pelanggan berbasis SMS Gateway pada Plasa Telkom Koba yang
bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi secara mudah, cepat, dan
murah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data yang terdiri dari observasi,
wawancara, studi kepustakaan, analisa sistem dimana pada analisa sistem penulis menganalisa
sistem yang ada, perancangan sistem, coding, compiler, testing dan implementasi program.
Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan yang menggunakan jasa
telekomunikasi untuk me-request dan mengetahui informasi mengenai tagihan telepon, tagihan
speedy, informasi kode area sehingga menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan
atau menyampaikan informasi kapan pun dan dimana pun selagi masih terhubung ke jaringan
seluler sehingga pelanggan tidak perlu datang ke Plasa Telkom. Aplikasi ini juga sangat membantu
pihak instansi dalam memberikan informasi secara otomatis kepada semua pelanggannya tanpa
pemberitahuan informasi melalui lisan maupun brosur edaran sehingga biaya yang dikeluarkan
lebih murah.
Collections
- SMS Gateway [83]