dc.description.abstract | Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari tentunya sangat berpengaruh bagi masyarakat. Berbagai layanan
komunikasi, seperti SMS (Sort Message Service) yang memungkinkan
masyarakat untuk mendapatkan atau mengirimkan informasi kapan saja dan
dimana saja saat dibutuhkan. Penggunaan fasilitas SMS pada setiap handphone
juga relatif mudah dan bisa dioperasikan oleh banyak orang. Berawal dari
teknologi komunikasi tersebut maka dibuatlah suatu aplikasi layanan pelanggan
berbasis SMS Gateway pada Plasa Telkom Pangkalpinang yang bertujuan untuk
memberikan kemudahan dalam mengakses informasi secara mudah, cepat, dan
murah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data yang terdiri
dari observasi, wawancara, studi kepustakaan, analisa sistem dimana pada analisa
sistem penulis menganalisa sistem yang ada, perancangan sistem, coding,
compiler, testing dan implementasi program.
Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan yang
menggunakan jasa telekomunikasi untuk me-request dan mengetahui informasi
mengenai tagihan telepon, tagihan speedy, informasi kode area sehingga menjadi
lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi
kapan pun dan dimana pun selagi masih terhubung ke jaringan seluler sehingga
pelanggan tidak perlu datang ke Plasa Telkom. Aplikasi ini juga sangat membantu
pihak instansi dalam memberikan informasi secara otomatis kepada semua
pelanggannya tanpa pemberitahuan informasi melalui lisan maupun brosur edaran
sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. | en_US |