dc.description.abstract | Game edukasi adalah sebuah permainan yang didesain dengan spesifik untuk
mengajarkan pemainnya tentang subjek tertentu. Permasalahan yang ditemukan
adalah siswa kelas III SD Negeri 18 Pangkalpinang kesulitan dalam mengenal dan
memahami nama-nama hewan dalam pelajaran pengenalan nama dalam Bahasa
Inggris. Game ini memiliki empat tujuan yaitu untuk membantu siswa dalam
belajar, untuk mengetahui hasil pengembangan game edukasi pengenalan nama
hewan, buah-buahan dan benda dalam Bahasa Inggris yang dibangun
menggunakan Adobe Flash, serta untuk mengetahui kelayakan game edukasi ini
sebagai sebuah terobosan media pembelajaran siswa yang lebih dimengerti siswa,
selain itu juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap sejauh mana
pengalaman menggunakan game edukasi yang dibangun ini.
Tahapan proses penelitian ini adalah tahap pengumpulan data dengan
menggunakan studi kepustakaan dan survei game referensi dengan topic yang
sama, kemudian tahap identifikasi kebutuhan dan analisis system, tahap
perancangan, tahap implementasi dan tahap pengujian yang menggunakan teknik
Blackbox. Hasil yang didapat sangat baik, dengan demikian dapat disimpulkan
media pembelajaran game edukasi pengenalan nama hewan, buah-buahan dan
benda dalam Bahasa Inggris untuk siswa kelas III SD ini layak digunakan dalam
proses pembelajaran. | en_US |