APLIKASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN BERBASIS SMS GATEWAY DI BANGKA BELITUNG
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dalam kehidupan
ditandai dengan kemudahan dan kecepatan aliran informasi dari satu komunitas ke
yang lainnya. Salah satu layanan komunikasi tersebut seperti SMS (Short
Message Service) yang memiliki sebuah konsep pengiriman informasi berbasis
text dan mempunyai beberapa keuntungan diantaranya adalah kemudahan dalam
penggunaannya serta biaya yang murah, hal ini juga yang menjadikan SMS
sebagai media penyampaian informasi. Dengan pertimbangan tersebut dibuatlah
suatu aplikasi peningkatan kualitas pelayanan peserta BPJS Ketenagakerjaan
berbasis SMS gateway di Bangka Belitung yang bertujuan untuk memberikan
kemudahan dalam mengakses informasi update dengan mudah, murah dan cepat.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data antara lain
interview, observation, studi kepustakaan, analisa sistem yang sedang berjalan,
perancangan sistem, coding, compiler, testing dan implementasi program.
Dengan aplikasi ini peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah
menggunakan jasa telekomunikasi untuk me-request dan mengetahui informasi
mengenai saldo JHT, proses klaim JHT, status pembayaran kepesertaan sehingga
akan lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan dan menyampaikan informasi
kapanpun dan dimanapun selagi masih terhubung dengan jaringan seluler maka
peserta tidak perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini
merupakan sarana komunikasi yang menjembatani peserta dengan BPJS
Ketenagakerjaan.
Collections
- SMS Gateway [83]