MEMBANGUN SMS GATEWAY BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT. PLN (PERSERO) WILAYAH BANGKA
Abstract
Di era globalisasi seperti sekarang ini, industri telekomunikasi berkembang
sangat pesat, seiring dengan permintaan dari sisi pelanggan yang semakin hari
semakin meningkat. Di Indonesia sendiri, telah memiliki banyak sekali fasilitas
public yang menggunakan teknologi informasi modern, baik yang dimiliki oleh
BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun oleh pihak asing. Sudah seharusnya
industri di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini dengan jalan memberikan
fasilitas dan pelayanan yang sebaik mungkin, sehingga mereka tetap dapat
bersaing di hati pelanggan. Salah satu teknologi telekomunikasi yang sangat
popular adalah SMS (Short Message Service). Seringkali ketika berada di tempat
keramaian maupun di lingkungan tempat tinggal, dapat dijumpai orang yang
tengah asyik memainkan jari pada handphone mereka, untuk menuliskan pesan
singkat atau yang lebih dikenal dengan istilah sms. Begitu popularnya SMS,
sudah selayaknya layanan tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk
kepuasan pelanggan. Salah satu alternatif pemanfaatan SMS adalah layanan
informasi tagihan listrik PLN. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan
informasi tagihan listrik dapat diaksek setiap saat menggunakan fasilitas SMS.
Teknologi yang dibutuhkan adalah SMS Gateway. Seperti arti katanya, gateway
yang berarti pintu gerbang, sehingga dalam istilah ini, SMS Gateway berarti pintu
gerbang/jembatan antara dua buah perangkat atau lebih. Umumnya SMS Gateway
berupa sebuah komputer, yang telah terinstall aplikasi untuk menangani
pengiriman SMS antar handphone. Dengan analisa berupa QoS yaitu response
time di sisi User. Diharapkan, User diberikan pelayanan terbaik, dengan
memperhitungkan response time sistem ini.
Collections
- SMS Gateway [83]