dc.description.abstract | Klinik merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan
rawat jalan dan pelayanan rawat inap. Pelayanan rawat inap ini dimulai dari
proses pendaftaran pasien, pelayanan dan administrasi. Informasi dari kegiatan
pelayanan pasien digunakan manajemen pelayanan untuk merencanakan,
mengendalikan dan mengevaluasi mutu pelayanan. Dengan bantuan computer
akan memudahkan pengelolaan data pasien rawat inap menjadi informasi yang
dibutuhkan manajemen.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sistem informasi pasien rawat inap
dalam guna mendukung keputusan pimpinan Klinik Mitra Sehat dan
meningkatkan kinerja pelayanan klinik.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang sebenarnya
sehingga dapat ditemukan kelemahan-kelemahan pada sistem lama yang masih
manual, kemudian diperbaiki dengan menggunakan sistem baru yang sudah
terkomputerisasi. Analisa yang digunakan dalam membangun sistem baru adalah
dengan menggunakan metode berorientasi objek dengan alat bantu software- software UML (Unified Modeling Language), pengamatan langsung, dan
wawancara kepada pihak yang terkait. Dari hasil analisa dan perancangan, penulis sangat diperlukan suatu sistem yang
terkomputerisasi dengan aturan serta prosedur-prosedur didalamnya sehingga
mampu memberikan suatu informasi yang baik dalam mengambil suatu keputusan
terhadap sistem informasi Pasien Rawat Inap pada Klinik Mitra Sehat dengan
dukungan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang tinggi. Kesimpulan yang bisa diambil secara umum dari hasil penelitian ini adalah bahwa
Sistem Informasi Pasien Rawat Inap pada Klinik Mitra Sehat dapat memudahkan
dan mempercepat proses pelayanan pada klinik tersebut dan mampu
menghasilkan informasi yang berkualitas guna mendukung keputusan pimpinan
dengan cepat dan akurat. | en_US |