Show simple item record

dc.contributor.authorAL KAUTSAR, IMAM
dc.date.accessioned2018-05-28T07:05:10Z
dc.date.available2018-05-28T07:05:10Z
dc.date.issued2014-12
dc.identifier.urihttp://repository.atmaluhur.ac.id//handle/123456789/948
dc.description.abstractHotel merupakan salah satu faktor pendukung pariwisata. Dalam pengelolaannya, hotel harus responsif dan tanggap terhadap perubahan lingkungan. Begitu pula dengan Hotel Santika Bangka yang merupakan salah satu hotel berbintang lima di bangka. Dimana Hotel Santika Bangka terus melakukan pengembangan kualitas sistem informasi pelayanannya. Namun ada beberapa hal yang belum dipahami oleh perusahaan tentang bagaimana pengelolaan teknologi informasi yang baik Untuk melakukan penilaian tingkat kematangan tata kelola TI pada sistem informasi di Hotel Santika Bangka dengan menggunakan Framework COBIT 4.0 dengan fokus pada domain PO (Plan and Orgonise) yang terdiri dari PO1, PO3, PO5, PO7, PO9, PO10. AI (Acquire and Implement) yang terdiri dari AI1, AI2, AI5, AI6. DS (Delivery and Support) terdiri dari DS1, DS4, DS5, DS7, DS10, DS11 dan ME (Monitor and Evaluate) terdiri dari ME1. studi kasus di Hotel Santika Bangka. COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) versi 4.0 merupakan model standar Tata Kelola TI yang mendapatkan pengakuan secara luas dan di publikasikan oleh ISACA (Information Sytem Audit and Control Association). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa data dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan menyebarkan kuisioner ke beberapa responden. Dari data kuisioner kemudian dilakukan perhitungan sehingga bisa mengetahui tingkat kematangan tekonologi informasi yang ada di Hotel Santika Bangka. Dari hasil data yang sudah dilakukan penulis menemukan bahwa tingkat kematangan (Maturity level) terhadap penilaian sistem informasi hotel di Hotel Santika Bangka adalah pada rata-rata tingkat kematangan level 2.664. Pada level ini hotel telah memiliki prosedur dan mekanisme yang baik dan jelas mengenai manajemen teknologi informasi dan telah terkomunikasi dan tersosialisasikan dengan baik di seluruh jajaran manajemen perusahaan serta telah mengetahui kebutuhan bisnis dalam perencanaan strategi teknologi informasi, melakukan pengawasan perencanaan strategi dengan membuat keputusan yang tepat, dan mengukur tingkat efektivitasnya.en_US
dc.publisherSTMIK ATMA LUHURen_US
dc.subjectPENILAIAN TERHADAP SISTEM INFORMASI HOTELen_US
dc.subjectHOTEL SANTIKA BANGKAen_US
dc.subjectAUDIT SISTEM INFORMASIen_US
dc.titlePENILAIAN TERHADAP SISTEM INFORMASI HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK 4.0 STUDI KASUS PADA HOTEL SANTIKA BANGKAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record