dc.description.abstract | CV Asia Surya Perkasa adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam
bidang penjualan sepeda motor merk Honda. Salah satu program unggulan yang
dimiliki untuk penjualan sepeda motor merk Honda adalah konsumen
mendapatkan servis gratis sebanyak empat kali untuk setiap pembelian satu unit
sepeda motor merk Honda dengan ketentuan berlaku yang terangkum dalam kartu
perawatan berkala.
Dalam pemecahan masalah yang dihadapai penulis dalam menganalisa
sistem yang berjalan, penulis menggunakan diagram UML (Unified Modeling
Language ). Diagram UML yang digunakan diantaranya activity diagram, Use
Case Diagram, dan Use Case Description. Sedangkan dalam perancangan
sistemnya penulis menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD),
Transformasi Diagram ER ke Logical Record Structure, Logical Record
Structure(LRS), Tabel (Relasi) dan Spesifikasi Basis Data.
Proses klaim jasa servis kartu perawatan berkala di CV Asia Surya Perkasa
dimulai dengan penerimaan dokumen klaim jasa servis kartu perawatan berkala
dari AHASS, melakukan validasi data klaim dan kemudian data klaim yang telah
valid dikirimkan sebagai data klaim jasa servis kartu perawatan berkala ke PT
Astra Honda Motor.
Proses validasi data klaim jasa servis kartu perawatan berkala di CV Asia
Surya Perkasa sampai saat ini masih bersifat manual. Sehingga tingkat kesalahan
pada data klaim cukup tinggi, seperti data pada soft copy tidak sesuai dengan data
yang ada pada fisik kartu, serta data melewati batas ketentuan klaim kartu
perawatan berkala, yang menyebabkan banyak data klaim yang ditolak atau
bahkan tidak dibayarkan oleh PT Astra Honda Motor.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem
komputerisasi validasi data yang sesuai agar proses klaim jasa servis kartu
perawatan berkala di CV Asia Surya Perkasa menjadi lebih optimal. | en_US |