ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE PADA OMEGA COMPUTER PANGKALPINANG
Abstract
Perusahaan Ini melakukan
penjualan tunai kepada member maupun kepada konsumen masyarakat umum.
Proses penjualan tunai pada Omega Computer Pangkalpinang dimulai dengan
pembuatan data oleh pimpinan yang kemudian diserahkan ke bagian penjualan
dan pemesanan produk oleh pelanggan. Proses Pencatatan dan perhitungan yang
dilakukan pada Omega Computer Pangkalpinang sampai saat ini masih bersifat
manual. Oleh karena itu, sering terjadi kesalahan baik secara proses maupun dari
faktor manusia dalam pengolahan data transaksi penjualan. Diantaranya terjadi
kesalahan dalam pencatatan data produk, data pelanggan, atau transaksi yang
dirasakan terlalu lama, dan belum adanya sistem pengembangan bisnis secara luas
seperti melakukan transaksi melalui media website untuk mempertahankan
kesinambungan bisnis serta memperluas pangsa pasar.
Tahapan metode penelitian ini adalah tahap pengumpulan data, analisis
sistem, dan perancangan sistem. Untuk mengatasi sistem manual tersebut, maka
diperlukan suatu website berbasis e-commerce yang sangat sesuai untuk
mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis. Sehingga dapat mengatasi
kendala pada sistem manual saat ini. Dengan memanfaatkan e-commerce dengan
metode online dan real time, kemungkinan segala transaksi terhadap proses bisnis
akan dilakukan tanpa batas waktu dan tempat baik dari sisi perusahaan maupun
customer.
Collections
- E-Commerce [246]