dc.description.abstract | Perpustakaan sekolah berperan penting dalam menunjang kegiatan belajar
mengajar, namun di SMK Negeri 1 Pangkalpinang, pengelolaannya masih
dilakukan secara manual, sehingga kurang efisien dalam pencatatan peminjaman,
pengembalian, pengadaan, dan penyerahan buku. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut, penulis bertujuan untuk merancang aplikasi perpustakaan berbasis
Android untuk mengotomatisasi proses tersebut dan meningkatkan kemudahan
dalam proses pendataan. Penulis membuat suatu aplikasi untuk mendata proses
peminjaman, pengembalian, pengadaan dan pengajuan dengan menggunakan UML
(Unified Modelling Language) berfungsi untuk memudahkan proses dalam
menggunakan sistem yang sudah di buat oleh penulis. Metode pengembangan
sistem yang di gunakan adalah Prototypy dan UML (Unified Modelling Language).
Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi
dalam pengelolaan perpustakaan, mengurangi risiko kesalahan pencatatan, serta
mempermudah akses informasi bagi siswa dan petugas. Diharapkan aplikasi ini
dapat memudahkan pelayanan perpustakaan di SMK Negeri 1 Pangkalpinang dan
menjalankan aktivitas dengan lebih efektif dan efisien lagi. | en_US |