dc.description.abstract | Pelayanan reservasi kamar merupakan salah satu kegiatan yang
menyediakan pelayanan jasa penginapan dimana usaha perhotelan sekarang ini
sudah merupakan suatu industri yang sangat pesat kemajuannya. Setiap hotel
yang ingin memperoleh citra yang baik di mata masyarakat, maka hotel itu harus
bisa meyakinkan konsumen bahwa hotelnya memang lebih unggul dibandingkan
dengan yang lain. Agar hotel bisa mempertahankan dan melindungi citra tersebut
maka hotel harus bisa memberikan dan memperhatikan segala keinginan
konsumen terutama dalam hal Pelayanan. Sampai saat ini dokumen – dokumen
transaksi maupun laporan masih ditangani secara manual.
Hotel Xinlu Pangkalpinang adalah sebuah penginapan yang bergerak
dibidang pelayanan jasa penginapan. Sistem pengolahan data transaksi sampai
saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga sering timbul keterlambatan
informasi yang dihasilkan, seperti pembuatan laporan penyewaan kamar yang atau
terjadi kesalahan dalam perhitungan penjumlahan.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu sistem
pelayanan reservasi kamar yang terkomputerisasi yang sangat sesuai untuk
mendukung kemajuan dan perkembangan perusahaan, sehingga dapat mengatasi
permasalahan atau kendala pada sistem yang sedang berjalan. Dengan
memanfaatkan sistem yang diusulkan ini secara benar, kemungkinan pengawasan
atau control terhadap transaksi dan laporan menjadi lebih mudah dan efisien | en_US |