dc.description.abstract | dibidang penjualan barang dan kebutuhan pokok yang terletak diPerumnas jln.
Mentok pangkal pinang. Awal berdirinya TOKO GITA ROTAN FURNITURE
pada tahun 1997.
Titik berat masalah yang diangkat adalah bagian penjualan barang tunai
yang dikelola oleh bagian penjualan. Aktivitas penjualan ini terdiri dari
pendataan, transaksi dan pembuatan laporan perbulan. Proses transaksi terjadi
ketika Pelanggan melakukan pemesanan barang secara lisan kepada bagian
penjualan, kemudian bagian penjualan mencatat pesanan yang akan dipesan dan
jika pesanan telah selesai maka bagian penjualan membuat nota sebagai bukti atas
transaksi yang terjadi dan pada akhir bulan bagian penjualan membuat laporan
penjualan berdasrarkan nota dan berdasarkan nota kontan yang akan diserahkan
kepada Pemilik.
Proses pencatatan dan perhitungan yang dilakukan pada toko tersebut
pada saat ini masih menggunakan sistem manual, mulai dari pemesanan barang
oleh Pelanggan, proses pembuatan nota sebagai bukti pembayaran barang oleh
Pelanggan. Hal ini menyebabkan terlambatnya proses pembuatan laporan untuk
diberikan kepada Pemilik.
Menimbang masalah yang dihadapi dalam pengelolaan kegiatan penjualan
barang yang ada, maka akan lebih baik jika TOKO GITA ROTAN FURNITURE
mengembangkan sistem informasi denagan memanfaatkan sarana dan prasarana
yang telah ada dan menerapkan sistem yang diusulkan yaitu berupa sistem
informasi terkomputerisasi, agar beban kerja terutama bagian penjualan dapat
dikurangi dan memudahkan dalam mengontrol data masukan dan keluaran,
sehingga dapat meningkatkan pelayanan mutu perusahaan kearah yang lebih maju
dan penyajian informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu | en_US |