dc.description.abstract | Kantor Pemerintahan Desa Beruas Kecamatan Simpangkatis Kabupaten
Bangka Tengah resmi terbentuk 02 Agustus 2007. Dalam oprasionalnya
pencatatan administrasi kependudukan yang dilakukan pada pemerintahan kantor
Desa Beruas, ternyata masih ada beberapa hal administrasi yang masih dikelola
secara manual, sehingga berpotensi terjadi keterlambatan dalam prores pencatatan
manupun proses pembuatan laporan kependudukan.
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, interview, studi
kepustakaan, analisa sistem meliputi kegiatan menganalisa sistem yang ada dan
menspesifikasikan sistem, perancangan sistem, pengkodean dan pengujian.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi pencatatan
administrasi kependudukan yang berbasis dekstop di Kantor Pemerintahan Desa
Beruas Kecamatan Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah dapat digunakan
untuk menangani proses pengisian data, perubahan data, penghapusan dan juga
dapat memberikan laporan, terutama terkait dengan kebutuhan administrasi
kependudukan.
Dengan adanya sistem informasi pencatatan administrasi kependudukan
ini, segala administrasi kependudukan terkait pendataan warga, Pembuatan Surat
Keterangan Lahir, Pengisisan Surat Keterangan Kelahiran, Pengisian Formulir
Permohonan Kartu Tanda Penduduk, Pengisian Permohonan Kartu Keluarga,
Pembuatan Surat Keterangan Domisili, Pembuatan Surat Keterangan Usaha,
Pembuatan Surat Keterangan Kurang Mampu, Pembuatan Surat Keterangan
Pindah Jiwa (keluar), Pencatatan Surat Keterangan Pindah Jiwa (masuk),
Pembuatan Surat Keterangan Kematian, Pembuatan Laporan Kependudukan,
laporan Pindah Datang, Laporan Kematian dan Laporan Kelahiran dapat
terintegrasi dan terkomputerisasi, sehingga tingkat kesalahan dalam pengolahan
data sangat kecil. | en_US |