dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan surat menyurat dan kepegawaian yang ada di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sungailiat.
Dalam penelitian sistem informasi surat menyurat dan kepegawaian ini, ada beberapa sub bagian yaitu terdiri dari: pendataan instansi, pendataan bagian, pendataan bagian, Pendataan Pegawai, Proses Pendataan Surat Masuk, Pembuatan Disposisi, Pendataan Surat Keluar berdasarkan disposisi, Pembuatan Surat Keputusan, Pembuatan Surat Tugas, Pendataan Cuti Pegawai,Pendataan Kenaikan Gaji Berkala.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Surat Menyurat dan Kepegawaian dimana pengolahan data tersebut sebagian besar masih diproses secara manual yang berakibat pada keterlambatan akses data dan pengolahan data. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu analisa dan perancangan sistem informasi surat menyurat dan kepegawaian pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sungailiat Berbasis Dekstop.
Hasil penelitianpun menunjukkan bahwa pengelolaan surat menyurat di sana masih manual, dan belum optimal, Dengan dibuatnya aplikasi sistem informasi surat meyurat ini diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar pekerjaan dalam mencari data surat sehingga menghasilkan informasi yang lebih cepat dan akurat, dan pelayanan administrasi surat menyurat dan kepegawaian dapat terlaksana sesuai dengan prosedur yang ada dan untuk dapat mendukung peningkatan proses pengolahan data surat menyurat dan kepegawaian pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sungailiat.
Kata Kunci : Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sungailiat, Surat Masuk, Surat Keluar, Cuti Pegawai, Dekstop. | en_US |