dc.description.abstract | Adanya smartphone juga dapat membantu manusia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih sederhana dan mudah. Hal ini juga tentunya dapat memberikan kemudahan di lembaga-lembaga negara, salah satunya di KONI Pangkalpinang termasuk dalam proses voting ketua KONI. Dalam implementasinya pemilihan ini dilakukan dengan cara voting, dimana setiap ketua cabang olahraga akan menuliskan sebuah nama dari kandidat-kandidat yang ada, kemudian memasukan kertas tersebut kedalam kotak. Nantinya setiap kertas tersebut akan dicek dan dihitung secara manual. Tentunya terdapat banyak kendala, seperti lamanya waktu yang diperlukan karena masih harus meminta setiap ketua cabang olahraga menulis nama di kertas dan kemudian juga harus menunggu perhitungan hasil secara manual. Agar proses voting dapat lebih efektif dan efisien maka penulis akan merancang sebuah sistem berupa server yang menggunakan platform website dan client yang menggunakan platform Android. Web server nantinya akan dimanajemen oleh seorang admin, kemudian Android client dapat digunakan oleh para pemilih untuk melakukan voting. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan model prototype sebagai model pengembangan perangkat lunak, penulis juga menggunakan object oriented programming (OOP) sebagai metode pengembangan perangkat lunak, dan unified modeling language (UML) sebagai alat bantu pengembangan sistem. Sistem yang dikembangkan dapat mempercepat dan memberikan kemudahan di dalam proses voting pemilihan ketua KONI Pangkalpinang. | en_US |