• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • 02 SISTEM INFORMASI
    • Pengembangan Sistem
    • View Item
    •   DSpace Home
    • 02 SISTEM INFORMASI
    • Pengembangan Sistem
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM INFORMASI LAYANAN SARANA PENYEDIA AIR MASYARAKAT (SPAM) DI BUMDES DESA JADA BAHRIN BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

    Thumbnail
    View/Open
    HALAMAN DEPAN.pdf (946.9Kb)
    BAB I.pdf (166.4Kb)
    BAB II.pdf (99.32Kb)
    BAB III.pdf (219.0Kb)
    BAB IV.pdf (3.723Mb)
    BAB V.pdf (103.5Kb)
    DAFTAR PUSTAKA.pdf (155.3Kb)
    LAMPIRAN.pdf (1.227Mb)
    Date
    2021
    Author
    ELVIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Layanan Sarana Penyedia Air Masyarakat (SPAM) merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh BUMDes Bina Mandiri desa Jada Bahrin. Layanan ini adalah layanan yang menyediakan sumber air bersih untuk warga desa Jada Bahrin dalam menopang kehidupan kebutuhan air masyarakat untuk kehidupan sehari - hari. Proses sambungan pasang baru layanan ini dimulai dari pendaftaran hingga pencatatan tagihan yang diperoleh dari pemakaian air pelanggan setiap bulan. Dalam proses pencatatan tagihan rekening air hingga sekarang sudah menggunakan komputer namun masih menggunakan sistem manual menggunakan Microsoft excel. Sehingga penyimpanan datanya menghasilkan banyak file karena pencatatan dilakukan rutin perbulan dan disimpan berkali-kali tidak tersimpan dalam satu database sehingga memungkinkan adanya redudansi data maupun kesalahan pencatatan dan perhitungan meteran serta memungkinkan file mudah terhapus jika ada kerusakan pada laptop atau kesalahan lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan pembaruan sistem yang terintegrasi database agar proses pencatatan tagihan pelanggan bisa dilakukan petugas dengan efisien demi meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi tagihan SPAM. Hasil dari penelitian ini yaitu SISTEM INFORMASI LAYANAN PENYEDIA AIR MASYARAKAT (SPAM) DI BUMDES DESA JADA BAHRIN BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) agar bisa memberikan kemudahan pelanggan untuk melakukan pendaftaran hingga penerimaan informasi tagihan rekening air.
    URI
    https://repository.atmaluhur.ac.id/handle/123456789/3957
    Collections
    • Pengembangan Sistem [1537]

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV