dc.description.abstract | Semakin meningkatnya penggunaan smartphone mengakibatkan kebutuhan akan aplikasi mobile semakin diminati. Salah satunya dalam bidang pendidikan pada anak usia dini, kurang interaktifnya media pembelajaran menyebabkan anak merasa cepat bosan dan kurang termotivasi dalam belajar. Juga dengan pembelajaran pengenalan apa saja anatomi tubuh manusia agar anak menjadi paham apa saja bagian dari tubuh manusia. Hal ini mendorong peneliti untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran tentang anggota dan gerakan tubuh manusia yang bertujuan sebagai media pembelajaran guna untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar melalui smartphone android, sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dengan platform pembantu yaitu android. Teknik analisis sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah berorientasi objek dan menggunakan alat bantu pemodelan Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan aplikasi yang dibangun, serta merancang media pembelajaran yang interaktif yang mampu menarik minat belajar anak sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu siswa, guru maupun orangtua dalam menyampaikan materi pembelajaran guna memberi wawasan dan menambah ilmu pengetahuan khususnya di pengenalan anggota dan gerakan tubuh manusia. | en_US |