dc.description.abstract | Penelitian untuk mendeskripsikan apakah hasil penilaian pada ranah afektif
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Statistika
Probabilitas. Salah satu penilaian ranah afektif adalah penilaian sikap. Pendekatan
penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan analisis subjek penelitian 100
mahasiswa yang telah mengajar mata kuliah Statistika Probabilitas. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket skala sikap berdasarkan
skala likert yang terdiri dari 22 pertanyaan dengan jawaban pertanyaan antara lain:
Selalu poin 5, Sering poin 4, Kadang poin 3, Jarang poin 2, dan Tidak pernah poin
1 yang didasarkan pada kisi-kisi instrumen skala sikap yang berbentuk checklist.
Indikator yang diukur pada skala sikap adalah minat, rasa ingin tahu, perhatian
dalam belajar dan rasa percaya diri. Metode analisis berupa survei korelasi untuk
melihat pengaruh ranah afektif terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil diketahui
bahwa pengaruh hasil belajar berdasarkan sikap mahasiswa paling menonjol
karena adanya minat dan rasa percaya diri mahasiswa yang membidangi mata
kuliah Statistika Probabilitas. Sebab, rasa ingin tahu dan perhatian dalam belajar
tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar. | en_US |