STRATEGI PEMASARAN HORTICULTURAL PADA TOKO GREENZONE SUNGAILIAT MENGGUNAKAN SITUS E-COMMERCE DENGAN MODEL RAD
Abstract
Toko Greenzone merupakan sebuah usaha yang beroperasi di sektor penjualan bibit buah dan tanaman hias. Toko Greenzone telah beroperasi sejak tahun 2006 di Kota Sungailiat. Toko Greenzone menghadapi permasalahan dalam hal operasional bisnis yang masih menggunakan pendekatan konvensional dan adanya kebutuhan dari pelanggan untuk bisa bertransaksi secara online serta dalam hal pendataan, masih menggunakan metode manual yang mengakibatkan membutuhkan waktu untuk mencari data penjualan produk. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah sistem informasi e-commerce yang memungkinkan pembeli dalam melakukan transaksi pembelian secara online tanpa batasan jarak dan waktu yang dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun pembeli berada serta memberikan kemudahan bagi pihak Toko Greenzone dalam melakukan proses pendataan produk, menyimpan data tentang penjualan, dan proses pembuatan laporan mengenai penjualan produk. Penelitian ini menggunakan metode SDLC dengan model Rapid Application Model dan menggunakan tools Unified Modeling Language. Penulis memilih model Rapid Application Development karena memiliki keunggulan dalam mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem secara signifikan. Hasil dari strategi pemasaran horticultural pada Toko Greenzone menggunakan situs e-commerce ini memberikan kemudahan pada proses penjualan produk, pemasaran produk serta memudahkan di dalam poses pendataan dan proses pembuatan laporan mengenai penjualan produk.
Collections
- E-Commerce [246]