dc.description.abstract | Pada saat ini pengelolaan data pelayanan yang ada di Coffee Time masih bersifat
manual dalam melakukan pemesanan menu makanan dan minuman, yaitu
pelanggan mencari tempat duduk kemudian melakukan pemesanan menu makanan
dan minuman kepada kasir atau pelayan, pelayan atau kasir melakukan
pemberitahuan ke dapur tentang menu yang dipesan oleh pelanggan. pada bagian
dapur perosesnya belum tertata secara baik dalam pengelolaan antrian pesanan
menu, maka terjadilah kesulitan dalam melakukan proses pesanan. hal seperti ini
tentu saja memiliki berbagai kekurangan, antara lain data ketersedian tempat
duduk bagi pelanggan, ketersedian menu yang nantinya memperlambat peroses
pelayanan, serta catatan pesanan pelanggan mungkin saja hilang dan rusak,
bahkan kesulitan bagi koki yaitu bagian mengingat data pesanan menu dari
pelanggan dan nomor meja pelanggan. karena adanya masalah tersebut penelitian
ini membuat suatu aplikasi untuk memesan menu yang berfungsi untuk dalam
menyiapkan semua data pesanan menu menggunakan metode berjenis prototype,
karena metode jenis ini menggambarkan peroses yang mudah dimengerti dan
memiliki urutan pada peroses perkembangan perangkat lunak,dan aplikasi yang
akan dirancang juga menggunakan QR-Code yang berbasis android dan web.
Dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempermudahkan para pelanggan dalam
memesan menu tanpa harus susah-susah buat antri datang kekasir, juga
mempermudahkan para pelayan dalam mencatat data pesanan pelanggan. | en_US |