Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMATULLAH, RIFKA
dc.date.accessioned2024-03-22T03:30:23Z
dc.date.available2024-03-22T03:30:23Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://repository.atmaluhur.ac.id/handle/123456789/5185
dc.description.abstractPendidikan kurikulum Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM) telah memberikan kebebasan kepada mahasiswa serta fleksibel dalam menentukan jalur belajar merdeka. Dan untuk mahasiswa di semester tujuh program studi bisnis digital, fakultas ekonomi dan bisnis, Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur membuka tiga pilihan MBKM yaitu program magang, program penelitian dan program kewirausahaan. Dan dari ketiga program tersebut penulis memilih program magang di Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka, PERUMDAM Tirta Bangka yang terletak di Jl. PDAM Tirta Bangka No.001, Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Disini penulis ditempatkan di ruang pelayanan bagian hubungan dan langganan (HUBLANG) yang menerima pengaduan pelanggan serta memberikan informasi kepada pelanggan yang berarti selalu berinteraksi dengan pelanggan. Dan tujuan peserta magang disini adalah untuk mempelajari cara penerapan Customer Relationship Management (CRM) seperti melakukan interaksi atau melayani pelanggan dengan baik dan ramah serta dengan kesabaran baik via telpon ataupun tatap muka langsung, penerapan selanjutnya adalah menyimpan data lengkap tentang semua pelanggan ke sistem yang bernama pass system, penerapan CRM lainnya dilayani via wa dan facebook PERUMDAM Tirta Bangka. Penerapan CRM yang dilakukan PERUMDAM Tirta Bangka tergolong masih kebanyakan manual atau konvensional, tetapi penerapan CRM PERUMDAM Tirta Bangka sudah baik sekali, sehingga peserta magang mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berarti. Selain bagi peserta magang, Perusahaan juga merasa terbantu dengan adanya program magang ini serta dapat menjalin kerjasama yang baik antara pihak Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka dan pihak kampus peserta magang Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur.en_US
dc.publisherISB ATMA LUHURen_US
dc.subjectPENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENTen_US
dc.titlePENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) DI RUANG PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA BANGKAen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.kodeprodi61209


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record