• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • 06 LAPORAN MAGANG
    • Laporan Magang BD
    • View Item
    •   DSpace Home
    • 06 LAPORAN MAGANG
    • Laporan Magang BD
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) DI RUANG PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA BANGKA

    Thumbnail
    View/Open
    HALAMAN DEPAN.pdf (295.6Kb)
    BAB I.pdf (380.4Kb)
    BAB II.pdf (1.177Mb)
    BAB III.pdf (925.7Kb)
    BAB IV.pdf (942.7Kb)
    BAB V.pdf (388.6Kb)
    DAFTAR PUSTAKA.pdf (398.8Kb)
    LAMPIRAN.pdf (5.873Mb)
    Date
    2024
    Author
    RAHMATULLAH, RIFKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan kurikulum Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM) telah memberikan kebebasan kepada mahasiswa serta fleksibel dalam menentukan jalur belajar merdeka. Dan untuk mahasiswa di semester tujuh program studi bisnis digital, fakultas ekonomi dan bisnis, Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur membuka tiga pilihan MBKM yaitu program magang, program penelitian dan program kewirausahaan. Dan dari ketiga program tersebut penulis memilih program magang di Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka, PERUMDAM Tirta Bangka yang terletak di Jl. PDAM Tirta Bangka No.001, Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Disini penulis ditempatkan di ruang pelayanan bagian hubungan dan langganan (HUBLANG) yang menerima pengaduan pelanggan serta memberikan informasi kepada pelanggan yang berarti selalu berinteraksi dengan pelanggan. Dan tujuan peserta magang disini adalah untuk mempelajari cara penerapan Customer Relationship Management (CRM) seperti melakukan interaksi atau melayani pelanggan dengan baik dan ramah serta dengan kesabaran baik via telpon ataupun tatap muka langsung, penerapan selanjutnya adalah menyimpan data lengkap tentang semua pelanggan ke sistem yang bernama pass system, penerapan CRM lainnya dilayani via wa dan facebook PERUMDAM Tirta Bangka. Penerapan CRM yang dilakukan PERUMDAM Tirta Bangka tergolong masih kebanyakan manual atau konvensional, tetapi penerapan CRM PERUMDAM Tirta Bangka sudah baik sekali, sehingga peserta magang mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berarti. Selain bagi peserta magang, Perusahaan juga merasa terbantu dengan adanya program magang ini serta dapat menjalin kerjasama yang baik antara pihak Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka dan pihak kampus peserta magang Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur.
    URI
    https://repository.atmaluhur.ac.id/handle/123456789/5185
    Collections
    • Laporan Magang BD [66]

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    ISB ATMALUHUR PANGKALPINANG copyright © 2018-2020  Atma Luhur
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV