PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) DI RUANG PELAYANAN PERUMDA AIR MINUM TIRTA BANGKA
Abstract
Pendidikan kurikulum Merdeka belajar-Kampus Merdeka (MBKM) telah
memberikan kebebasan kepada mahasiswa serta fleksibel dalam menentukan
jalur belajar merdeka. Dan untuk mahasiswa di semester tujuh program studi
bisnis digital, fakultas ekonomi dan bisnis, Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma
Luhur membuka tiga pilihan MBKM yaitu program magang, program penelitian
dan program kewirausahaan. Dan dari ketiga program tersebut penulis memilih
program magang di Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta
Bangka, PERUMDAM Tirta Bangka yang terletak di Jl. PDAM Tirta Bangka
No.001, Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka
Belitung. Disini penulis ditempatkan di ruang pelayanan bagian hubungan dan
langganan (HUBLANG) yang menerima pengaduan pelanggan serta memberikan
informasi kepada pelanggan yang berarti selalu berinteraksi dengan pelanggan.
Dan tujuan peserta magang disini adalah untuk mempelajari cara penerapan
Customer Relationship Management (CRM) seperti melakukan interaksi atau
melayani pelanggan dengan baik dan ramah serta dengan kesabaran baik via
telpon ataupun tatap muka langsung, penerapan selanjutnya adalah menyimpan
data lengkap tentang semua pelanggan ke sistem yang bernama pass system,
penerapan CRM lainnya dilayani via wa dan facebook PERUMDAM Tirta
Bangka. Penerapan CRM yang dilakukan PERUMDAM Tirta Bangka tergolong
masih kebanyakan manual atau konvensional, tetapi penerapan CRM
PERUMDAM Tirta Bangka sudah baik sekali, sehingga peserta magang
mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berarti. Selain bagi peserta
magang, Perusahaan juga merasa terbantu dengan adanya program magang ini
serta dapat menjalin kerjasama yang baik antara pihak Perusahaan Umum
Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Bangka dan pihak kampus peserta magang
Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur.
Collections
- Laporan Magang BD [35]