dc.description.abstract | PT. PLN (Persero) UP3 Bangka dipimpin oleh seorang manajer. Seorang manajer
tersebut melaksanakan tugasnya sehari-hari harus dibantu oleh beberapa staf
lainnya. Staf-staf tersebut akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya,
salah satunya bidang pengelolaan arsip induk pelanggan. Arsip merupakan bukti
dan rekaman dari segala kegiatan dan transaksi yang terjadi dalam perusahaan.
Selain itu Arsip juga sebagai penyelenggaraan administrasi dan bukti peradilan
yang sah serta dapat dipertanggungjawabkan. PT. PLN (Persero) UP3 Bangka
yang dalam proses pencarian data pelanggan masih dilakukan secara manual.
Akibatnya sulit melakukan pencarian data pelanggan, memerlukan waktu lama
dalam pencarian data dan pengelolaan data, bahkan memiliki resiko kehilangan
data pelanggan. Dengan perkembangan pesat dunia komputerisasi, PT. PLN
(Persero) UP3 Bangka ini sudah meningkatkan teknologi untuk mengatasi
masalah tersebut. Sekarang instansi ini melakukan pengarsipan secara digital.
Tentu hal ini menjadi solusi untuk mempercepat dan mempermudah dalam proses
pencarian dan pengelolaan data. Melalui aplikasi arsip induk langganan (AIL)
berbasis web, pengelolaan serta pencarian data pelanggan pada PT. PLN (Persero)
UP3 Bangka akan lebih efektif dan efisien. Dengan ini penulis akan memberikan
mekanisme proses dalam pengelolaan arsip pelanggan jenis transaksi pasang baru
secara digital di website. | en_US |