STRATEGI PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA LAYANAN KONSULTASI PELANGGAN DI TOKO FRESHSKIN BEAUTYCARE BELINYU DENGAN MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)
Abstract
Freshskin Beautycare adalah sebuah usaha mikro yang bergerak di bidang penjualan produk kecantikan baik itu untuk laki-laki mapupun perempuan dari berbagai macam usia. Permasalahan yang dihadapi oleh Freshskin Beautycare adalah belum memiliki sistem berbasis web untuk mengoptimalkan pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap produk yang dijual. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menganalisis data dan merancang sebuah sistem dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) pada layanan konsultasi pelanggan menggunakan model Rappid Application Development (RAD). Adapun alasan dari penggunaan model RAD adalah karena cepat, fleksibel dan memungkinkan peran aktif pengguna dalam pengembangan sistem. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data sampai perancangan prototype. Hasil penelitian ini adalah sebuah rancangan protoype layanan konsultasi pelanggan yang mencakup fitur login, control data, proses pendaftaran sampai konsultasi dan promosi produk. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan pelayanan serta loyalitas pelanggan.
Collections
- Pengembangan Sistem [1465]