Show simple item record

dc.contributor.advisorIRAWAN, DEVI
dc.contributor.authorRATU, GESTIE
dc.date.accessioned2025-01-13T02:26:09Z
dc.date.available2025-01-13T02:26:09Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttps://repository.atmaluhur.ac.id/handle/123456789/5497
dc.description.abstractKantor kecamatan Girimaya memiliki kendala dalam pelayanan, misalnya tentang lingkungan sekitar seperti sampah, bercekcok dengan tetangga dan sebagainya. Sampai saat ini pelayanan pengaduan di Girimaya masih dilakukan secara manual dengan datang ke kantor kecamatan untuk melaporkan pengaduan. Sistem tersebut tidaklah efisien karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk datang ke kantor kemudian mengikuti prosedur-prosedur yang terlalu banyak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan aplikasi pelayanan pengaduan berbasis Android. Android dipilih karena popularitasnya dan banyak pengguna yang menggunakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prototype, dan UML sebagai alat bantu perancangan sistem. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Proses pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan Android Studio dengan bahasa pemrograman java, sementara untuk halaman administrator menggunakan bahasa pemrograman PHP. Implementasi ini dapat mempermudah proses pengaduan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi pengaduan berbasis android yang meningkatkan kualitas pelayanan dan mempermudah proses pangaduan.en_US
dc.publisherISB ATMA LUHURen_US
dc.subjectLAYANAN PENGADUANen_US
dc.titleIMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA KECAMATAN G IRIMAYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0231018201
dc.identifier.kodeprodi55201
dc.identifier.nim2011500098


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record