DESAIN TICKETING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK PERBAIKAN KOMPUTER DAN JARINGAN PADA RUMAH SAKIT BHAKTI TIMAH PANGKALPINANG
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan komputer dan
jaringan menjadi bagian penting dalam kegiatan sehari-hari, khususnya di rumah
sakit. Ketergantungan terhadap perangkat tersebut mengharuskan adanya
pemeliharaan dan perbaikan yang efisien. Namun, pengelolaan permintaan
perbaikan yang kurang terstruktur seringkali menghambat proses tersebut.
Permasalahan utama yang muncul adalah pengelolaan permintaan yang datang
dalam jumlah besar dengan berbagai tingkat urgensi, serta kesulitan dalam
pemantauan status perbaikan dan komunikasi antara pengguna dan teknisi. Hal ini
dapat menyebabkan keterlambatan dan kesalahan dalam penanganan masalah yang
berimbas pada produktivitas dan efisiensi operasional rumah sakit. Rumah Sakit
Bakti Timah Pangkalpinang, sebagai rumah sakit tertua di kota Pangkalpinang,
menghadapi tantangan ini dan berencana untuk beralih dari sistem manual
menggunakan memo untuk perbaikan komputer, hardware, dan jaringan ke sistem
ticketing terkomputerisasi. Dengan penerapan sistem Ticketing Management
System yang terintegrasi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pengelolaan masalah teknologi informasi dan jaringan, sehingga operasional rumah
sakit berjalan lebih lancar dan pelayanan tetap optimal.