DESAIN SISTEM INFORMASI JASA SERVIS MOBIL PADA BENGKEL GFR AUTO MOBIL DISELINDUNG BARU BERBASIS WEB
Abstract
Kebutuhan akan informasi yang cepat, akurat dan tepat merupakan kepentingan
bagi perusahaan, organisasi atau instansi yang bergerak dibidang jasa
Perusahaan GFR AUTO MOBIL adalah salah satu usaha rumahan yang menjual
jasa dibidang otomotif yaitu perbaikan atau perawatan mobil, adapun masalah
dalam bidang perawatan yaitu sering terjadinya penumpukan antrian mobil yang
akan diperbaiki, layanan yang sudah penuh serta kurangnya tenaga montir
dibandingkan banyaknya antrian customer.Tujuan penelitian ini untuk membangun
sebuah website pendaftaran untuk para customer GFR AUTO MOBIL agar
mempermudahkan customer untuk melakukan pemesanan antrian layanan servis
yang dapat mengelola data pelanggan, data antrian dan total pembayaran
menggunakan metode waterfall, menggunakan Unified Modelling Languange
(UML). Penelitian ini menghasilkan data customer, data servis, dan data nomor
antrian. Pembahasaan metode yang dilakukan penulis yaitu mengidentifikasi dan
mengevaluasi permasalahan-permasalahan dan kebutuhan yang diharapkan
sehingga dapat diusulkan dengan perbaikan-perbaikan yang lebih baik. Penulis
melakukan observasi dengan mengumpulkan data dalam meninjau langsung
kondisi penelitian atau lapangan untuk mengetahui segala kondisi penelitian atau
lapangan untuk mengetahui segala kondisi yang terjadi dilapangan atau Lokasi.
Analisa sistem informasi yang dilakukan dengan harapan dapat mengetahui
kelemahan-kelemahan agar dapat diselesaikan secara maksimal serta dapat
mencari jalan keluar dari kelemahan-kelemahan tersebut supaya tidak terjadinya
kesalahan atau kegagalan yang terulang.