dc.description.abstract | Tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah merancang sebuah aplikasi game
edukasi pembelajaran matematika yang dapat memberi hiburan bagi pemain. Dan
bermanfaat untuk keperluan pendidikan, game ini juga memiliki tujuan untuk
membantu siswa/siswi dalam hal belajar. Sedangkan untuk pelajaran matematika
merupakan salah satu salah satu pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkat dasar,
berbagai macam manual digunakan sebagai metode pembelajaran, tetapi dalam
waktu yang cukup lama menjadi membosankan bagi anak-anak karena sistem
pembelajran yang kurang menarik dan interaktif. Suatu upaya untuk
meningkatkan aktifitas pembelajaran matematika ini adalah dengan cara
menyediakan aplikasi dan pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat bantu
untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan adanya game edukasi
pembelajaran matematika ini diharapkan anak-anak dapat meningkatkan
kemampuan berhitung dan menghilangkan rasa bosan serta takut untuk belajar
matematika agar terpacu untuk meningkatkan kualitas belajar mereka. Tahapan
dalam proses penelitian ini adalah tahap pengumpulan data dengan cara
melakukan survei, studi pustaka, kemudian tahap analisis sistem, tahap
perancangan, tahap implementasi,dan tahap pengujian dengan menggunakan
teknik Blackbox. Setelah diuji dengan menggunakan teknik Blackbox, game
edukasi pembelajaran matematika untuk siswa layak untuk digunakan sebagai
proses pembelajaran. | en_US |