dc.description.abstract | Perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini sudah semakin
meningkat, komputer bukan hanya digunakan sebagai jaringan komunikasi, akan
tetapi bisa juga dimanfaatkan di berbagai bidang, diantaranya untuk keperluan
pendidikan, hiburan, dan sebagainya. Sedangkan untuk Bahasa Mandarin saat ini
merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan mulai dari tingkat dasar, berbagai
macam manual digunakan sebagai metode pembelajaran, tetapi dalam waktu yang
cukup lama menjadi membosankan bagi anak-anak karena sistem pembelajran
yang kurang menarik dan interaktif.
Suatu cara untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran bahasa mandarin ini
adalah dengan cara menyediakan aplikasi dan pemrograman untuk bisa diterapkan
sebagai alat bantu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan
adanya game edukasi pemgenalan ini diharapkan anak-anak dapat meningkatkan
kemampuan mengingat dan menghilangkan rasa bosan dan takut untuk belajar
bahasa mandarin serta terpacu untuk meningkatkan kualitas belajar.
Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap pengumpulan data
dengan cara survei, studi pustaka, kemudian tahap pengujian dengan
menggunakan teknik Blackbox.
Setelah diuji dengan menggunakan teknik Blackbox, game edukasi
pengenalan nama hewan ini layak digunakan untuk siswa sebagai proses
pembelajaran. | en_US |